June 09, 2019

8 Khasiat Madu bagi Kesehatan

Khasiat Madu bagi Kesehatan
Sudah sejak dulu diketahui bahwa Madu mempunyai banyak Manfaat bagi kesehatan karena madu merupakan pemanis yang baik, bahkan cukup aman untuk penderita diabetes mellitus, dengan catatan madu yang didapatkan benar-benar madu asli. Hal ini karena madu mengandung gula sederhana atau monosakarida, sehingga untuk proses didalam tubuh manusia tidak akan memberatkan saluran pencernaan, terutama kerja pancreas, bagi penderita dibetes mellitus, konsumsi madu harus tetap disesuaikan dengan derazat penyakitnya.

Jika penderita diabetes mellitus akan mengkonsumsi madu, selain harus memastikan bahwa madu tersebut asli sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter, sehingga dokter dapat memberikan syaran untuk takaran madu yang dapat dikonsumsi oleh yang bersangkutan, pankreas merupakan salah satu kelenjar pencernaan yang tugasnya menghasilkan insulin. Insulin ini membantu untuk mengubah gula darah menjadi gula otot. Dalam hal ini insulin merupaka enzim yang berfungsi sebagai katalisator. Madu memiliki khasiat yang sangat banyak hal ini disebabkan oleh sejumlah hal diantaranya:

1). Kadar gula didalam madu cukup tinggi

Tingginya kadar gula dalam madu ini dapat menghambat pertumbuhan bakteri, karena bakteri tidak mampu berkembang biak dalam kondisi pekat(kadar gula tinggi).

2). Saat bersenyawa dengan air

Madu akan menghasilkan hydrogen peroksida yang bersifat sebagai desinfektan, desinfektan ini berfungsi untuk membunuh bibit penyakit misalnya bakteri ataupun virus.

3). Tingkat keasaman madu

Madu memiliki PH 3,65 didalam PH tersebut bakteri tidak dapat hidup dan akan mati.

4). Kandungan bahan-bahan anti bakteri dalam madu

Didalam madu terdapat senyawa organik yang sifatnya anti bakteri yaitu plavonoid, polypthenol, dan glikosida. Zat-zat tersebut dapat digunakan untuk mencegah terjadinya penyakit, seperti terjadinya radang pada usus, maag dan tukak lambung, didalam pencernaan madu memiliki fungsi untuk melindungi kolon dari luka sehingga tidak terjadi infeksi, selain itu madu dapat melemahkan bakteri ataupun menghentikan penyebaran bakteri. bagi anda yang berpuasa sangat baik untuk mengkonsumsi madu karena fungsinya untuk menyehatkan saluran pencernaan.

5). Kandungan zat gizi dalam madu

Madu merupakan bahan makanan kaya gizi, didalamnya mengandung karbohidrat, vitamin dan mineral yang cukup beragam.

Baca Juga: 

7 Tips Perawatan Kecantikan dengan Menggunakan Madu

Cara membuat Herbal Madu untuk menjaga Stamina


Khasiat Madu Secara Turun Menurun

Sejumlah khasiat madu bagi kesehatan sudah dibuktikan secara turun menurun, meskipun belum semuanya diteliti kebenarannya secara ilmiah. Beberapa khasiat madu yang sudah terbukti secara turun menurun adalah:

1). Mengurangi gatal

Kandungan anti inflamasi dalam madu telah membantu mengurangi rasa gatal dan iritasi akibat gigitan nyamuk.
 .
2). Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Madu sangat kaya akan polifenol, jenis antioksidan yang membantu melindungi sel dari kerusakan radikal bebas, yang dapat memicu penyakit kanker dan penyakit jantung.

3). Mencegah kanker dan penyakit jantung

Flavonoids yang terdapat pada madu dan antioksidannya dapat mengurangi resiko kanker dan serangan jantung.

4). Meningkatkan system imun(kekebalan tubuh)

Madu juga kaya akan zat antioksidan yang dapat meningkatan kinerja system pencernaan tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Selain itu madu juga mempunyai kandungan nutraceutical yang dapat melawan radikal bebas yang masuk dalam tubuh.

5).meningkatkan Stamina

Madu dapat meningkatkan performa seseorang. Madu dapat membantu mengontrol gula darah, membantu penyembuhan otot, dan pemulihan stamina setelah aktifitas berat sehingga madu cocok meningkan stamina tubuh. Sejumlah orang biasa yang bekerja berat dan mengonsumsi madu menyatakan bahwa badannya terasa lebih bugar meskipun bekerja cukup berat.

6). Melawan bakteri dan jamur

Madu juga mengandung zat antiseptic yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri, hal tersebut mampu menjaga tubuh agar terhndar dari infeksi. Jika seseorang mengalami luka gores ataupun luka bakar, maka madu sering dijadikan obat pertolongan pertama untuk dioleskan, sehigga menghindari terjadinya infeksi.

7). Menurunkan Berat Badan

Berbeda dengan gula yang tinggi kalori dan glukosa, madu mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Banyak yang meyakini bahwa madu dapat dijadikan obat alami untuk menurunkan berat badan. Biasanya madu dicampur dengan jus lemon diminum pada pagi hari untuk bisa menghilangkan selulit.

8). Mengobati Batuk dan Radang

Kandungan antibakteri pada madu dapat melawan mikrobakteri penyebab radang tenggorokan, bahkan madu dapat membunuh bakteri-bakteri yang menyebabkan infeksi pada tenggorokan.
Disqus Comments